Tema :
Teknologi Informasi (TI) dan Telekomunikasi
Judul
: Varian Notebook
Kuasai 65% Pasar
Pendahuluan :
Latar Belakang
Semakin berkembangnya kemajuan
teknologi terutama dalam bidang Teknologi Informasi (TI) dan
Telekomunikasi. Dan pada saat ini Informasi sudah menjadi sumber daya yang
dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Selanjutnya sejarah dan definisi mengenai
Teknologi Informasi (TI) dan Telekomunikasi.
Sejarah Teknologi
Informasi (TI) dan Telekomunikasi
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang
disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena
Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima
itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga
terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian
informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar
jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan
disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih
lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat
(mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien
dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat
dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti
dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan
dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan
memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik
seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi
lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Definisi Teknologi Informasi (TI) dan Telekomunikasi
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan
istilah Information technology (IT) adalah istilah umum
yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat,
mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI
menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan
video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi,
tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam
modern (misalnya ponsel).
Telekomunikasi adalah teknik pengiriman atau penyampaian informasi,
dari suatu tempat ke tempat lain. Dalam kaitannya dengan ‘telekomunikasi’
bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan atas
tiga macam:
- Komunikasi Satu Arah (Simplex). Dalam komunikasi satu arah (Simplex) pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh :pagar, televisi , dan radio
- Komunikasi Dua Arah (Duplex). Dalam komunikasi dua arah (Duplex) pengirim dan penerima informasi dapat menjalin komunikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. Contoh : telepon dan VOIP
- Komunikasi Semi Dua Arah (Half Duplex). Dalam komunikasi semi dua arah (Half Duplex)pengirim dan penerima informsi berkomunikasi secara bergantian namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy Talkie, FAX, dan Chat Room
Saat ini telah menjamurnya komputer
jinjing (notebook) di pangsa pasar dan yang terbaru ini adalah iPad dari
perusahaan Apple yang sudah menjadi populer dalam dunia bisnis maupun dalam
dunia pergaulan. Setiap harinya penggunaan iPad semakin meningkat dan sangat
berpengaruh oleh penjualan notebook di pangsa pasar, karena iPad lebih mudah
digunakan untuk mempercepat bisnis dalam membeli atau menjual barang/jasa. Oleh
sebab itulah saya mengangkat topik ini sebagai tulisan.
Isi
:
Kehadiran produk iPad diprediksi pengaruhi pangsa komputer
jinjing. Produk komputer jinjing (notebook), termasuk netbook, menguasai 65%
pangsa pasar personal computer (PC) di Tanah Air Selama Januari-September tahun
2010. Dan selama 9 bulan pertama tahun 2010 penjualan komputer di Indonesia
sudah mencapai 3,8 juta unit, target setiap kuartal hampir tercapai semua. Dari
jumlah itu, pangsa produk notebook, termasuk netbook mencapai 65%, sedangkan
sisanya desktop. Pasar komputer sudah bergeser dari sebelumnya didominasi
oleh produk desktop kini dikuasai produk dan netbook. Meski pertumbuhan
notebook tetap tinggi, yang menarik adalah desktop yang diperkirakan mandek
ternyata justru tumbuh.
Dalam lingkup portofolio HP, secara
keseluruhan dalam perbandingan kuartal ke kuartal, notebook memiliki pangsa
rata – rata sekitar 50% yang terserap ke segmen konsumer dan korporasi. Adapun
piranti lainnya seperti desktop 30%, diikuti workstation dan thin client masing
– masing 10%. Kehadiran produk pengikut piranti iPad dari Apple dan masuknya
iPad yang didukung format simcard mikro dapat memberi dampak bagi para notebook
nasional.
Apkomindo memproyeksikan piranti PC
lokal, termasuk produk komputer rakitan nonbrand masih mempertahankan pangsa
60% dari total pasar PC di Indonesia pada tahun 2010. Adapun, 40% pangsa akan
kembali diperebutkan oleh vendor PC global. Dalam bersaing merebut pasar,
vendor PC lokal diperkirakan akan mengembangkan produk dengan spesifikasi yang
mendekati sama dengan PC merek global karena sama – sama mengandalkan basis
prosesor Intel ataupun AMD, tetapi variasi pengemasan yang berbeda.
David Kartono, Vice President
Product Development & International Sales Axioo International, produsen
notebook Axioo, mengatakan peluang pasar komputer jinjing di Indonesia sangat
besar karena jumlah penduduk sangat banyak, sementara penetrasi produk itu
masih rendah. Menurut dia, dengan pasar notebook yang masih terus bertumbuh,
Axioo menempatkan Indonesia sebagai salah satu pasar potensial. Dia mengatakan
pihaknya tidak khawatir terhadap penjualan iPad yang terus meningkat karena
hanya akan bersaing dengan segmen laptop berukuran 10 inci kebawah, kendati
penjualan iPad dapat menggerus pasar notebook.
Di tengah pasar yang terus tumbuh,
vendor PC semakin agresif membidik pasar dari segmen usaha kecil menengah (UKM)
yang menyerap 70% total penjualan komputer di Indonesia.
Penutup
Kesimpulan :
Dari tulisan ini dapat disimpulkan
bahwa iPad berfungsi sebagai konsumsi konten, sedangkan notebook lebih
berfungsi sebagai content creation, dan segmentasi iPad dan notebook berbeda.
Penjualan iPad diprediksi mencapai 28 juta unit pada tahun 2011 dan secara
tidak langsung akan mempengaruhi penjualan laptop untuk kelas bawah. Dalam
mengatasi pengaruh penjualan iPad yang mencapai 28 juta unit pada tahun 2011 di
tanah air yaitu dengan strategi memperluas pasar di UKM adalah dengan
mengeluarkan produk desktop ataupun notebook untuk pengguna di pasar UKM
dengan harga bersaing, sehingga bisa terjangkau.
http://id.wikipedia.org/wiki/Telekomunikasi
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
Koran Bisnis Indonesia ( Kamis, 23 September 2010 )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar