Universitas Gunadarma
Fak. Ekonomi, Jurusan Akutansi 2012
Mata Kuliah : Soft Skill Pengantar Bisnis.
Kelas : 1EB20
Nama : NPM :
Adi Nurohmandana 20212182
Anggara Budy Prasetyo 20212899
Fajar Maulana Al Fahmi 22212718
Nurul Anwar 25212526
Yudha Krisna Pratama 27212890
Tugas Minggu ke-6
1.
Sebutkan
perbedaan jenis pasar dan masing beri 3 contoh
Perbedaan antar Pasar
dengan Pemasaran yaitu dilihat dari definisinya, Pasar adalah salah
satu sistem, hubungan soasial infrastruktur usaha penjualan dalam bentuk Barang
Dagang, Jasa atau Tenaga Kerja dengan alat penukar yang sah yaitu uang/ di
tukar dengan barang yang senilai. Kehiatan ini juga termasuk dalam kegiatan
Perekonomian. Pasar bermacam – macam dalam ukuran, jangkauan, skala geografis,
lokasi jenis, komunitas sekumpulan manusia, jenis barang yang di perdagangkan
& jenis jasa yang di tawarkan. Dalam ilmu Ekonomi Mainstrem, Konsep Pasar
yaitu yang memungkinkan antara Penjual & Pembeli melakukan pertukaran jenis
barang, jasa & informasi. Ada 2 peran di pasar yaitu Pembeli & Penjual.
Sedangkan Pemasaran/Marketing
adalah proses Komunikasi untuk memberikan Informasi tentang barang/
jasa yang di tawarkan agar memuaskan kebutuhan manusia. Pemasaran bermula
pemenuhan kebutuhan manusia kemudian menjadi keinginan. Contoh manusia ingin
memnuhi kebutuhannya dengan memakan Mie Instant, tetapi manusia tidak hanya
ingin memnuhi kebutuhannya saja tapi juga ingin memenuhi keinginannya untuk
memakan Mie Instant merk Indomie yang lebih nikmat rasanya, maka manusia akan
memilih Indomie sesuai dengan kebutuhan & juga sesuai dengan keinginan.
Konsep pemenuhan kebutuhan manusia & keinginan manusia menjadi konsep
pemasaran. Mulai dari pemenuhan Produk, Penetapan Harga, Pengiriman Barang
& mempromosikan barang
Pasar Industri adalah pasar
yang terdiri dari induvidu & lembaga /organisasi yang membeli barang untuk
di pakai lagi baik langsung & tidak langsung dalam memproduksi barang lain
kemudian di jual. Jenis dari pasar Industri adalah :
1. PASAR
PERSAINGAN SEMPURNA adalah Jenis
pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali
dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang
banyak. Contoh produknya adalah penjualan di pasar seperti beras,
penjualan gandum di pasar , penjualan batubara di pasar, penjualan kentang di
pasaran, penjualan gula di pasaran dan lain-lain.
2.
PASAR
MONOPOLI adalah Pasar monopoli akan terjadi jika di
dalam pasar konsumen hanya terdiri dari satu produsen atau penjual. Contohnya
adalah Contohnya seperti microsoft windows, perusahaan listrik negara (pln),
perusahaan kereta api (perumka), perusahaan TOL jasa marga dan perusahaan GAS, lain sebagainya.
3.
PASAR
OLIGOPOLI adalah suatu bentuk persaingan pasar yang
didominasi oleh beberapa produsen atau penjual dalam satu wilayah area. Contoh
industri yang termasuk oligopoli adalah industri semen di Indonesia, industri
mobil di Amerika Serikat, Industri Fashion di Paris, industry
4.
PASAR
MONOPOLISTIK adalah Struktur pasar monopolistik terjadi
manakala jumlah produsen atau penjual banyak dengan produk yang serupa/sejenis,
namun di mana konsumen produk tersebut berbeda-beda antara produsen yang satu
dengan yang lain.
Contoh produknya adalah seperti makanan ringan (snack), nasi
goreng, pulpen, buku, makanan soto dll.
Pasar Penjual Adalah sebuah pasar yang terdiri atas individu atau
organisasi yang membeli barang-barang dengan tujuan dijual lagi atau disewakan
agar mendapatkan keuntungan atau laba.
Contohnya dari Pasar Penjual adalah anda buka grosir
buah murah, anda jual ke pedagang eceran. Beli kepiting bakau dari pengepul di
Kalimantan, kemudian saya jual ke eksportir. Tante saya buka grosir cemilan
aneka rasa, kemudian saya jual ke pasar . Pakde saya punya grosir buku di
kuitang senen lalu menjual ke pedagang kaki lima di bekasi. Nelayan ikan di
pantai indah kapuk menjual sebagian tangkapannya ke luar negri
Konsep inti pemasaran memiliki beberapa konsep yaitu Konsep Produksi konsumen menyukai
produk yang tersedia & selaras dengan kemampuan & menejemen
berkonsentrasi pada efisiensi produksi & distribusi,dalam kata lain Konsep
ini menjelaskan bahwa konsumen menyukai produk yang terjangkau. dalam menjual produknya,seperti iklan –iklan yang gencar,
diskon potongan harga atau hadiah – hadiah.
1)
Kebutuhan
(Needs) adalah Kebutuhan manusia (human needs) adalah
ketidakberadaan beberapa pemuas dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian,
tempat berlindung, keamanan, hak milik dan harga diri. Kebutuhan ini tidak
diciptakan oleh masyarakat atau pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis dan
kondisi manusia. Sebagai pelaku usaha harus jeli dalam membidik kebutuhan
manusia pada saat sekarang ini. Mungkin bisa saya contohkan untuk saat sekarang
yang sedang berkembang pesat adalah teknologi mobile dan informasi.
Dua kebutuhan yang terkait dengan hal tersebut ialah PULSA dan INTERNET
CONNECTION. Perusahaan yang pandai melihat pasar sebagai kebutuhan pokok
tersebut akan sukses dalam berusaha. Karena manusia sekarang sudah dapat
dikatakan dengan “Ketergantungan Pulsa dan Internet”.
2)
Keinginan
(wants) adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik.Orang daerah
perkotaan membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger, kentang goreng, dan
minuman berkarbonisasi. Dalam masyarakat lain kebutuhan ini mungkin dipenuhi
dengan cara lain. Seorang yang lapar di daerah pedesaan mungkin menginginkan
nasi, buah-buahan, dan kacang. Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan
mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan diperbaharui sejalan dengan
perkembangan jaman. Bagi kalangan pengusaha yang ingin membidik pasar dari segi
keinginan manusia ini harus benar-benar sekreatif mungkin sehingga manusia (baca:
konsumen) tertarik.
3)
Permintaan (demands) Permintaan (demands) adalah keinginan akan produk
spesifik yang didukung oleh kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan
jadi permintaan jika didukung oleh daya beli. Banyak orang yang menginginkan
mobil mewah, namun hanya sedikit yang mampu dan bersedia untuk membeli. Karena
itu perusahaan harus mengukur tidak hanya berapa banyak orang yang menginginkan
produk mereka tetapi yang lebih penting berapa banyak orang yang benar-benar
bersedia dan mampu membelinya.
4) Konsep
Produk adalah konsep dimana konsumen
menyukai produk yang bermutu & kinerjanya baik serta keistimewaannya yang
mencolok, menejemen harus memperbaiki
terus – menerus produknya juga harus inovativ.
Konsep
Produk juga bisa di maknai dengan Manusia
dalam memuaskan kebutuhan dan keinginannya dengan menggunakan produk. Produk
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan
keinginan. Produk atau penawaran dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu barang,
jasa, dan gagasan. Sebagai contoh adalah sebuah restoran siap saji menyediakan
barang (hamburger, kentang goreng, dan minuman ringan), jasa (pembelian,
jasa memasak, dan menyediakan tempat duduk), dan gagasan (menghemat
waktu konsumen).Point satu sampai tiga menjadi dasar Anda untuk menentukan
produk yang ingin dipasarkan. Gunakan bidikan yang tepat dan perencanaan yang
matang untuk menentukan produk Anda (Barang, Jasa atau Gagasan) agar
menang dalam persaingan didalam dunia pemasaran.Perusahaan manufaktur sering
membuat kesalahan dengan lebih memperhatikan produk fisik daripada jasa yang
diberikan produk tersebut.Mereka merasa menjual produk daripada memberikan
pemecahan atas suatu kebutuhan.
5)
Nilai, Biaya dan Kepuasan Bagaimana seseorang memilih di antara banyak produk yang
dapat memuaskan kebutuhannya?Bagaimanapun juga seseorang harus memutuskan
produk mana yang akan memberikan kepuasan total yang terbesar. Konsep yang
dapat membantu memecahkan masalah ini adalah nilai dan kepuasan. Nilai (value)
adalah perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan
kebutuhannya. Misalkan seseorang tertarik pada kecepatan dan kemudahan
berangkat ke tempat kerja. Jika ditawarkan semua produk tersebut di atas tanpa
biaya, ia akan memilih mobil. Namun, karena tiap produk memiliki biaya (cost),
ia tidak akan memilih mobil yang biayanya jauh lebih besar daripada sepeda atau
taksi. Ia harus mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan mobil. Karena itu ia
akan mempertimbangkan nilai dan harga produk sebelum menetapkan pilihan. Ia
akan memilih produk yang menghasilkan lebih banyak nilai per rupiah. Menurut
DeRose, nilai adalah”pemenuhan tuntutan pelanggan dengan biaya perolehan,
pemilikan, dan penggunaan terendah”.
6) Konsep
Pemasaran adalah konsep dimana penentuan
kebutuhan & keinginan pasar sasaran & pemberian kepuasan secara lebih
efektif & efisien dari yang di lakukan pesaing.
7)
Konsep Penjualan adalah konsep dimana konsumen tidak membeli banyak produk,
kecuali menejemen melakukan usaha promosi yang baik & menarik
8) Konsep
Pemasaran Sosial adalah konsep yang memperhatikan
masalah – masalah isu global yang marak muncul
2. Buatlah skema bauran pemasaranan!
Bauran Pemsaran/ Marketing Mix adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang
merupakan inti dari system pemsaran perusahaan, “Marketing mix is the set of
marketing tools that the firm uses to pursue its marketing objectives in the
market.”(Marketing Management,1997) yang kurang lebih memiliki arti bauran pemasaran adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan
pemasaran dalam pasar sasaran.
Menurut Kotler (1997:92),
Marketing mix is the set of marketing tools that the firm uses to pursue its
marketing objectives in the target market. yang kurang lebih memiliki arti
bahwa bauran pemasaran adalah sejumlah alat-alat pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk menyakinkan obyek pemasaran atau target pasar yang dituju. Menurut Stanton (1978) Bauran pemasaran
(marketing mix) adalah kombinasi dari 4 variabel atau kegiatan yang
merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, harga, kegiafan
promosi dan sistem distribusi.
1.
Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk
dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product
variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services,
warranties, and returns.
2.
Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau
mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance,
payment period,creditterms,andretailprice.
3.
Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi
antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and
transport.
4.
Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan
memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain
sales promotion, advertising, sales force, public relation,and direct
marketing. variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran
(Koter, 1997:604):
Sumber Refrensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar