Universitas Gunadarma
Fak. Ekonomi, Jurusan Akutansi 2012
Mata Kuliah : Soft Skill Pengantar Bisnis.
Kelas : 1EB20
Nama : NPM :
Adi Nurohmandana 20212182
Anggara Budy Prasetyo 20212899
Fajar Maulana Al Fahmi 22212718
Nurul Anwar 25212526
Yudha Krisna Pratama 27212890
1.
Buatlah dengan
1 contoh usaha/perusahaan nyata Universal tentang tujuan dari perusahaan !
Tujuan
perusahaan
Tujuan ekonomis : Upaya
pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Danone Aqua mungkin dapat dijadikan
salahsatu inspirasi bagi dunia industri. Sebagai salahsatu pelaku industri, PT
Tirta Investama, produsen air minum dalam kemasan Aqua melakukan sejumlah
pemberdayaan masyarakat dan dukungan pengembangan UKM sebagai bagian dari
kegiatan CSR Danone Aqua. Program CSR telah dilakukan Danone Aqua sebelum
melakukan investasi di berbagai daerah melalui pembangunan pabriknya. Hal ini
berbanding terbalik dengan kebiasaan investor yang baru mulai melakukan CSR
ketika pabriknya sudah berdiri. “Danone Aqua melakukan kegiatan CSR sejak tahap
perencanaan investasi. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan keseriusan
itikad baik Danone Aqua terhadap masyarakat untuk turut serta mengembangkan
ekonomi masyarakat dan daerahnya. Kami ingin menunjukkan kepada
masyarakat tentang komitmen bisnis kami yang tidak semata melakukan usaha
bisnis, tapi juga memiliki komitmen kuat terhadap pengembangan sosial
lingkungan”, jelas Troy Pantouw (Direktur Komunikasi PT Tirta Investama).
Tujuan peningkatan ekonomi masyarakat
menjadi target dari kegiatan pemberdayaan masyarakat dan pengembangan UKM oleh
Danone Aqua.
Tujuan sosial : Aqua memberikan kontribusi kepada kesejahteraan
masyarakat sekitar melalui program sosial dan lingkungan hidup yang bersifat
berkesinambungan (sustainable).
Melalui program Aqua Lestari yang merupakan suatu pendekatan
sosial lingkungan yang inovatif dan multipihak untuk memberikan kontribusi
kepada kesinambungan bisnis dan lingkungan hidup. Aqua merancang
program-program sosial melalui pendekatan berbasis masyarakat, bekerja sama
dengan para pemangku kepentingan serta berorientasi pada kebutuhan.
2. Jelaskan tentang pendekatan bisnis dengan menggunakan
contoh perusahaan nyata !
Pendekatan
bisnis
Melakukan
pendekatan dengan prinsip secara baik sesuai dengan etika, agar masyarakat bisa
menerima dengan baik perusahaan tersebut, dan sebagai jalan dalam melakukan
promosi perusahaan kpd seluruh masyarakat. Danone menggunakan pendekatan bisnis
yang mengkombinasikan tujuan ekonomi dengan tujuan sosial dan lingkungan. Empat
prioritas strategis, atau yang dikenal dengan 4 Pilar, dipilih untuk
menjalankan misi Danone, yaitu: Kesehatan (Health), Lingkungan Hidup (Nature),
Untuk Semua (For All), Manusia (People). "Health" dan "For
All" terkait langsung dengan tujuan pertumbuhan dan perkembangan bisnis,
sementara "People" dan "Nature" merupakan karakteristik
pendekatan Danone. AQUA Group mengikuti pendekatan yang dikembangkan oleh
Danone Group tersebut.
3. Terangkan dengan
menggunakan perusahaan nyata Universal pengaruh lingkungan intern dan ekstern !
Pengaruh lingkungan
Lingkungan Intern : Lingkungan dari dalam perusahan yang
mempengaruhi perusahaan Aqua,
antaralain :
a.
Keuangan
Perusahaan Aqua dari
segi keuangan sangat kuat karena perusahaan ini merupakanleader dalam industri
air minum yang telah menguasai pasar (market leader) airmineral hingga 60%.
DANONE meningkatkan
kepemilikan saham di PT Tirta Investama dari 40 %menjadi 74 %, sehingga DANONE kemudian menjadi pemegang saham mayoritas AQUA
Group.
b.
Pemasaran
Memasarkan produk
tidak susah, karena konsumen sudah mengetahui kualitas produk. Sosialisasi ke
masyarakat mengenai pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan
higienis dimana Aqua memiliki semua kriteria yang dibutuhkan.
Pemberian bantuan Aqua
untuk wilayah terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga
perduli terhadap sesama.
Air PDAM yang
sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah menganjurkan
kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan.
c.
Sumber Daya Manusia
Agen penjualan
Aqua yang tersebar dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah,
hanya dengan pengambilan minimal 20 galon Aqua.
Di
bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh
pelanggannya di seluruh Indonesia.
Aqua memiliki sumber
daya manusia yang sudah terampil dan loyalitas terhadapperusahaan.
d.
Operasi dan Produksi
Menggunakan manajemen
sumber daya air yang canggih. Sebagai bagian dari Grup Danone di seluruh dunia,
AQUA mengikuti aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk manajemen
sumber daya air untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya.
Mempunyai peluang
untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar local.
e.
Produk
Brand Aqua Danone
sangat kuat. Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang unik dan inovatif, dan
secara eksklusif dilengkapi segel transparan dengan hologram untuk
menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua. Kemasan Aqua semakin
beragam (dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon).
Lingkungan
ekstern : Lingkungan
eksternal sendiri dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian besar
lagi yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri
lagi yakni lingkungan yang sifatnya umum dan lingkungan industri
a. Ekonomi
Faktor
ekonomi dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena airmineral merupakan
suatu barang yang tidak terlalu mahal dan menjadi kebutuhan dalamkehidupan manusia.
suatu barang yang tidak terlalu mahal dan menjadi kebutuhan dalamkehidupan manusia.
b. Sosial
Faktor
sosial dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil karena
airmineral bukanlah
suatu barang yang dapat digunakan untuk menaikkan prestise seseorang.
suatu barang yang dapat digunakan untuk menaikkan prestise seseorang.
c. Politik
dan Hukum
Faktor
politik dan hukum dalam industri air mineral memiliki pengaruh yang kecil
karena perubahan
dalam situasi politik dan hukum tidak berpengaruh secara langsung terhadap industri air mineral.
dalam situasi politik dan hukum tidak berpengaruh secara langsung terhadap industri air mineral.
d. Teknologi
Teknologi
merupakan faktor yang sangat penting karena dalam pengelolaan airmineral
membutuhkan
teknologi yang canggih untuk menghasilkan barang yang berkualitas baik.
teknologi yang canggih untuk menghasilkan barang yang berkualitas baik.
e. Demografi
Faktor
demografi merupakan faktor yang penting karena dapat meningkatkan penjualan
dari air
mineral semakin besar jumlah penduduk disuatu negara maka secara langsung permintaan terhadap
air mineral juga akan tinggi.
mineral semakin besar jumlah penduduk disuatu negara maka secara langsung permintaan terhadap
air mineral juga akan tinggi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar